5 Tips Asyik Menulis agar Mata Tetap Segar

Menulis dapat membuat area sekitar mata menjadi tegang karena menatap layar dekstop terlalu lama. Segarkan kembali kondisi mata agar kegiatan menulis tetap asyik dan menyenangkan.

5 Tips Asyik Menulis agar Mata Tetap Segar
Menulis asyik dengan mata segar. Foto: dok. Pexels

Bitjournal.id--Menulis merupakan pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi tinggi. Mengejar tenggat waktu pengumpulan naskah tentu menyita pikiran Anda. Konsentrasi penuh diperlukan agar tercapainya tulisan yang ideal. Tak jarang para penulis mengalami mata lelah setelah seharian menatap layar laptop. Jika sudah demikian, mungkinkah tulisan akan maksimal? Tentu jawabannya tidak. Jauh dari kata maksimal, hasil dari tulisan justru dapat kacau ngelantur tidak keruan.

Berikut 5 tips asyik agar mata tetap segar selama menulis:

 Gunakan sabun muka. Foto: dok. pexels

Gunakan sabun muka. Foto: dok. pexels

Mencuci muka dengan sabun

Sebelum mulai menulis, alangkah baiknya jika Anda mencuci muka terlebih dulu. Mencuci muka dapat membuat mata tetap segar. Selain itu, aroma sabun yang digunakan saat mencuci muka juga dapat meningkatkan mood untuk menulis. Hal itu membuat kegiatan menulis menjadi maksimal dengan mata tetap segar.

 Mendekorasi meja kerja. Foto: dok. pexels

Mendekorasi meja kerja. Foto: dok. pexels

Dekorasi meja kerja

Jika Anda tengah bekerja dari rumah, hal ini dapat dicoba agar tetap asyik selama kegiatan menulis. Mendekorasi meja kerja membuat rasa bosan menjadi teralihkan. Buatlah meja kerja menjadi lebih hijau dengan memberikan beberapa tanaman hias. Selain sebagai penyejuk mata, tanaman hias juga dapat menjaga udara tetap bersih. Pilihlah tanaman hias yang tidak memerlukan terlalu banyak perawatan, seperti bambu hias, kaktus sukulen, atau jade plant. Dengan melihat warna hijau yang ada pada meja kerja, Anda dapat menulis dengan mata segar. Anda juga dapat melihat beberapa rekomendasi tanaman hias untuk kaum pekerja pada postingan Bitjournal berikut Jenis Tanaman Hias yang Sedang Populer, Cocok untuk Kaum Pekerja

 Menggunakan masker mentimun. Foto: dok. pexels

Menggunakan masker mentimun. Foto: dok. pexels

Menggunakan mentimun sebagai masker mata

Meletakkan mentimun di permukaan mata dapat membuat area sekitar mata terasa lebih segar. Hal ini disebabkan karena kandungan antioksidan dan air yang tinggi pada mentimun. Gunakan mentimun sebagai masker mata Anda sedikitnya dua hari sekali. Dengan begitu saat berada di depan laptop atau komputer kegiatan menulis dengan mata segar membuat Anda lebih nyaman.

 Merendam wajah dengan air. Foto: dok. gridframe

Merendam wajah dengan air. Foto: dok. gridframe

Memasukkan wajah ke mangkuk air dingin

Kegiatan menulis dengan mata segar selanjutnya dapat Anda coba dengan memasukkan wajah ke dalam air dingin, hal ini dapat dilakukan selama 30 detik. Lakukan di sela-sela jeda menulis agar mata terasa lebih segar kembali.

 Aromaterapi. Foto: dok. pexels

Aromaterapi. Foto: dok. pexels

Menggunakan aromaterapi

Tips menulis dengan mata segar berikutnya yakni menggunakan aromaterapi. Aroma berkaitan dengan emosi seseorang. Anda dapat menggunakan aroma segar ketika sedang menulis, seperti aroma jeruk, atau kayu putih untuk menciptakan suasana kerja yang nyaman. Aromaterapi dipercaya dapat meningkatkan konsentrasi dan mengurangi stres, nyeri, serta peradangan di tubuh, sehingga jika kondisi tubuh stabil maka mata akan terasa lebih segar dan tidak mudah lelah.

Semoga tips tersebut menambah manfaat yang dapat mengalirkan ide kreatif Anda dalam menulis. Ide kreatif dan riset yang lancar akan membantu kualitas tulisan Anda menjadi lebih maksimal jika ditunjang dengan keadaan menulis dengan mata segar. Selamat mencoba!

Editor: Wahyu Eko S.