Amorfati, Novel Mini yang Ringan untuk Dibaca layaknya Buku Diario

"Kau adalah apa yang aku tulis dan aku adalah apa yang selalu kau lewatkan." Pembuka sang penulis.

Amorfati, Novel Mini yang Ringan untuk Dibaca layaknya Buku Diario
Cover depan Amorfati, foto: dok. Bitread

Bitrjournal.id--Bacaan ringan untuk mendinginkan kepala yang panas. Buku ini bisa menemani sedikit waktu santai Anda. Sebuah novel mini yang dapat dihabiskan sekali baca layaknya buku diari. Tidak akan membuat otak pembaca berpikir banyak seperti sebuah hiburan.

Buku ini ditulis oleh Mohamad Niskala Yoesuf, seorang penulis sekaligus Barista dari Loko Coffee Shop Cirebon dan juga salah satu pemilik kedai Kampus Kopi. Sebagai sebuah penghargaan kepada diri sendiri dan juga bentuk kontribusinya di Kampus Kopi, ia pun menulis AMORFATI dari tulisannya yang berserakan di media sosial dan folder komputernya.

Novel base true story sang penulis ini, merupakan cerita romansanya saat SMA, saat-saat paling bersejarah bagi kebanyakan orang dewasa. Buku ini menyuguhkan sebuah perjalanan cinta anak remaja yang harus bertemu perpisahan. Buku ini pun layaknya laci kecil yang menyimpan kenangan sang penulis bersama dambaan hatinya hingga ia harus mengiklaskan kepergiannya. Tokoh ‘aku’ dalam cerita pun tidak lain menggambarkan sang penulis sendiri.

Baca jugaNgulandara, Kumpulan Kisah Petualangan Menarik dalam Ruang, Waktu, dan Asa

Penulis banyak menggunakan metafora dalam ungkapan kebahasaannya. Meski asing dan sedikit kaku, makna yang ingin disampaikan penulis kemungkinan dapat diterima oleh pembaca. Dalam beberapa bab pun dibuka dengan kutipan atau monolog puitis penulis. Meskipun secara kepenulisan masih terdapat kesalahan penulisan kata. Hal ini mungkin sedikit mengganggu proses membaca karya.

Secara menyeluruh, alur cerita maju ini mudah ditebak hanya dengan membaca sinopsis ceritanya. Konflik yang disajikan pun sederhana seperti kehidupan remaja anak SMA. Pergaulan, persahabatan, cinta, dan pengkhianatan juga turut menghiasi alur cerita ini. Rasanya seperti kita membaca catatan harian anak SMA yang sedang dimabuk cinta. Perasaan yang masih pada tempatnya ketika sang empunya tak lagi menggubrisnya. Baiknya, cerita ini dikembangkan lagi dan sedikit diberikan bumbu-bumbu fiksi agar lebih menarik dan menantang untuk dibaca.

Editor: Wahyu Eko S.

Judul Buku: AMORFATI

Pengarang: Mohamad Niskala Yoesuf

Penerbit: Bitread Publishing

Tahun Terbit: 2021