Begini, Manfaat Puasa Senin-Kamis Menurut Al-Quraan dan Hadist | Bitjournal

Di sini Bitjournal merangkum 3 keutamaan manfaat puasa Senin-Kamis

Begini, Manfaat Puasa Senin-Kamis Menurut Al-Quraan dan Hadist | Bitjournal
Ilustrasi manfaat puasa senin dan kamis, foto: dok. Freepik

Bitjournal.id--Sebagai umat Islam, tak bisa dipungkiri bahwa ibadah puasa ialah keharusan yang wajib dijalani. Jika dilihat dari kewajibannya, ibadah puasa pun terbagi dua jenis. Yakni puasa wajib dan puasa sunah.

Secara umum ibadah puasa didefinisikan sebagai upaya manusia untuk menahan diri dari makan dan minum. Namun tak sebatas itu, bagi umat Islam puasa adalah cara untuk mendekatkan diri ke Allah Swt, dengan menjauhi perbuatan dan sifat buruk.

Puasa alias Saum di sini pun masuk dalam rukun Islam. Bahkan setiap orang sejak kecil sudah diajarkan bahwa rukun Islam ini ialah pilar guna menyempurnakan keimanan kepada Allah Swt.

Dari segi kesehatan berpuasa juga memiliki segudang manfaat. Terlebih jika kalian mencoba untuk berpuasa sunah Senin-Kamis secara rutin, tak hanya mampu menyehatkan jasmani dan rohani. Tapi perlu diketahui bahwa dengan puasa Senin-Kamis pun membuat catatan amal ibadah kalian terus meningkat.

Bahkan jika ditinjau dari sisi sejarah, Rasullah Saw. pernah mencontohkan keutamaan puasa Senin-Kamis.

Di sini Rasulullah pernah bersabda bahwa di hari itu (Senin dan Kamis) semua amal dan perbuatan manusia akan dinilai oleh Allah Swt. selama sepakan.

"Seluruh amal manusia dilaporkan ke hadapan Allah setiap sepakan dua kali. Yakni Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang beriman diampuni dosanya, kecuali seorang hamba yang antara dia dan saudaranya saling bermusuhan," HR. Muslim.

Untuk itu, di sini Bitjournal merangkum 3 keutamaan manfaat puasa Senin-Kamis.

Diangkatnya semua amal

Seperti yang dijelaskan diawal, bahwa hari Senin dan Kamis adalah hari untuk perhitungan amal manusia. Riwayat hadis lain yang menguatkan hal ini adalah Imam Tirmidzi yang disumberkan dari Usamah bin Zaid.

Yakni "Nabi Muhammad Saw. pernah bertanya, 'apa dua hari tersebut?' Usamah menjawab, 'Senin dan Kamis,' lalu beliau bersabda, 'Dua hari tersebut adalah waktu dihadapkan nya amalan pada Rabb semesta alam. Aku sangat suka ketika amalanku dihadapkan, disaat aku sedang dalam keadaan berpuasa."

Senin adalah hari kelahiran Nabi Muhammad

Dalam hal ini tak banyak yang tau bahwa hari Senin merupakan hari kelahiran Nabi Muhammad Swt. Fakta ini diriwayatkan oleh HR. Muslim yang menjelaskan, Dari Abu Qatadah Al Anshari Ra. di sini Nabi Muhammad Saw. Pernah ditanya mengenai puasa Senin dan Kamis, beliau pun menjawab "Di hari itulah saya dilahirkan, dan pada hari itu pula wahyu diturunkan atasku,"

Hari di mana pintu surga dibuka

Keistimewaan yang paling dari puasa Senin dan Kamis adalah hari dibukanya pintu surga. Perihal ini disandarkan dari HR. Muslim yang berbunyi

"Pintu surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Setiap hamba yang tidak berbuat syirik kepada Allah Swt. pun akan diampuni. Kecuali seseorang yang memiliki percecokan (permusuhan) antara dirinya dan saudaranya. Nanti akan dikatakan pada mereka, akhir kan urusan mereka sampai berdamai,"