Buku Cetak vs Buku Digital, Pilih yang Mana?

Sebenarnya apasih yang menjadi kelebihan dan kekurangan buku cetak dan buku digital? Mari kita lihat beberapa perbedaan tersebut

Buku Cetak vs Buku Digital, Pilih yang Mana?
sumber: https://www.freepik.com

 

Membaca buku menjadi sebuah kegiatan yang menyenangkan untuk sebagian orang. Disebut sebagian, karena pada kenyataanya masih banyak orang yang tidak menyukai kegiatan membaca buku. Bagi para penikmatnya, membaca buku merupakan kegiatan wajib yang mesti dilakukan. Membaca buku dapat nemukan hal-hal baru, cerita-cerita baru atau tips-tips yang sebelumnya tidak terpikirkan. Buku menjadi sebuah benda yang dicari, bahkan buku memiliki bau khas tertentu bagi para penikmatnya.

Adanya kemajuan teknologi khususnya internet, menyebabkan banyak hal berubah. Sama halnya dengan buku, semula buku berbentuk sebuah benda yang terbuat dari kertas berisi banyak tulisan. Sekarang buku tidak hanya ditemukan pada sebuah kertas, tetapi bisa ditemukan dalam bentuk digital atau yang lebih dikenal sebagai e-book (electronic book). E-book akan  memudahkan pembaca karena dapat diakses di mana pun melalui gadget yang dimiliki.. Akan tetapi, meskipun kemunculan e-book cukup memudahkan, masih banyak pembaca yang merasa bahwa buku cetak tidak bisa digantikan dengan e-book.

Sebenarnya apa sih yang menjadi kelebihan dan kekurangan buku cetak dan buku digital? Mari kita lihat beberapa perbedaan tersebut.

Buku Cetak

Apa yang menjadi kelebihan buku cetak? Tentu saja karena membaca buku cetak lebih terasa dibandingkan dengan e-book. Banyak orang senang membaca secara langsung dengan buku yang dipegang oleh tangan. Selain itu, beberapa pembaca sangat menyukai bau khas dari buku cetak.  Ketika membaca buku cetak, mata juga tidak akan mudah lelah sehingga kesehatan mata akan lebih terjaga.

Yang menjadi kekuarangan dari buku cetak yaitu rentan terhadap berbagai ancaman, seperti hilang atau terkena air, sobek, berjamur, dandimakan serangga ketika disimpan terlalu lama. Selain itu, perlu cukup banyak ruang untuk menyimpan banyak buku. Buku cetak juga cukup sulit didapatkan terutama di daerah-daerah pedalaman, akan tetapi hal tersebut bisa diupayakan dengan pembelian melalui online.

Buku Digital

Berbeda dengan buku cetak yang memiliki kelebihan yaitu wujud asli dari sebuah buku, buku digital memiliki kelebihan lain. di antaranya dapat mengakses banyak buku dari ponsel atau laptop tanpa merasa berat untuk membawanya. Tidak perlu juga ruang yang luas untuk menyimpan buku, karena buku digital tersimpan di memori ponsel. Untuk itu, buku digital dinilai lebih praktis dibandingkan dengan buku cetak. Selain itu, tidak akan ada kekhawatiran buku akan sobek atau dimakan serangga ketika disimpan terlalu lama. Untuk mendapatkan buku digital juga sangat mudah, tidak perlu lagi pergi ke toko buku. Sudah banyak yang menjual buku digital di internet salah satunya yaitu Bitread. Pembaca hanya perlu mengunduhnya dan melakukan pembayaran secara online.

Meski begitu, buku digital juga memiliki beberapa kekurangan dibandingkan dengan buku cetak. Salah satunya yaitu terbatasnya akses untuk membaca buku jika baterai ponsel atau laptop habis. Selain itu, mata juga akan mudah lelah karena cahaya dari ponsel.

 Jadi, versi buku yang mana yang lebih menarik?. Buku cetak atau buku digital memang memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Pilihan manapun yang terpenting adalah membaca buku.