Cara dan Tips Jitu, Agar Tulisan Lolos di Media Massa

Cara dan tips jitu menulis agar lolos di media massa sebenarnya itu simpel. Yakni hanya butuh paham isu, naskah yang original, dan percaya diri.

Cara dan Tips Jitu, Agar Tulisan Lolos di Media Massa
Cara dan tips jitu menulis agar mudah diterima dimedia massa, foto: dok. Freepik

Bitjournal.id--Menulis bagi mahasiswa bukan hanya sebatas penggarapan skripsi saja. Menulis juga menjadi hal yang harus ditelateni dalam pembuatan jurnal, makalah, proposal penelitian, proposal kegiatan, dan lain-lain. Karya tulis seorang mahasiswa merupakan bentuk dari pengetahuan dan kreativitasnya. Dengan menulis dia bisa mengeluarkan segala aspek dalam dirinya seperti pemikiran, ekspresi, bahkan imajinasi menjadi sebuah tulisan yang biasa disajikan dalam bentuk makalah, jurnal, atau bahkan karya sastra.  

Menulis juga merupakan salah satu cara yang berguna untuk menambah wawasan. Dengan menulis seseorang akan mulai membaca banyak literatur guna memperkaya istilah kata dan menambah bahan tulisan, dan dengan membaca maka wawasan seseorang akan bertambah dan lebih luas. Dalam lingkup perkuliahan, menulis merupakan salah satu wahana bagi sebagian mahasiswa untuk menyampaikan aspirasi baik di lingkungan kampus maupun perihal pemerintahan di negara. Dengan begitu mereka juga turut andil menjadi bagian daripada perubahan negara melalui tulisan-tulisan mereka. 

Jika kamu suka menulis, dan sudah berkali-kali mencoba mengirim tulisan kamu ke media massa baik koran, majalah, ataupun tabloid. Namun selalu berakhir dengan kecewa karena tidak ada satupun tulisan kamu yang dimuat maka janganlah kamu putus asa. Karena bukan cuma kamu yang mengalami hal seperti ini.

Ada puluhan bahkan ratusan penulis yang pernah merasakan kecewa karena tulisan mereka tidak lolos redaksi. Setiap hari banyak penulis yang ingin tulisannya di baca oleh ratusan bahkan ribuan pembaca, jadi wajar saja jika redaksi sangat selektif terhadap tulisan yang akan dimuat. Untuk itu yang harus kamu lakukan adalah terus mencoba dan pelajari lagi trik menulis untuk media massa.

Berikut beberapa tips dan trik menulis di media massa

  • Pahami model tulisan untuk koran/media yang dituju

Hal yang tak kalah penting adalah kamu harus memahami model tulisan untuk koran atau media yang akan kamu tuju. Setiap penulis harus tahu, bahwa setiap media massa memiliki model dan kriteria kepenulisan masing-masing. Misalnya perhatikan space yang disediakan oleh media untuk tiap satu artikel, dan adapula beberapa koran yang sangat memperhatikan data yang digunakan. Penulis harus tahu hal ini agar penulis bisa memahami apa yang diinginkan oleh media tersebut. 

  • Tulisan harus original

Maksudnya adalah tulisan harus murni hasil karya kamu, bukan plagiat ataupun copas dari karya orang lain. 

  • Tulislah isu yang sedang hangat di masyarakat

Hal ini diperlukan untuk menarik minat pembaca. Di era modern seperti saat ini informasi menyebar dengan sangat cepat, untuk itu penulis harus selalu update akan segala informasi. 

  • Percaya diri

Ketika kamu sudah mengeluarkan segala kemampuan kamu dan sudah melakukan yang terbaik, maka selanjutnya adalah percaya pada hasil karyamu. Segala sesuatu pasti memerlukan proses untuk itu kamu harus menikmati prosesnya dengan terus mencoba mengirimkan tulisan-tulisan kamu yang telah melalui beberapa perbaikan ke media massa. Walaupun belum sekalipun dimuat di koran kamu harus terus mencoba mengirimnya, jangan mudah menyerah begitu saja. 

Nah itu dia beberapa tips dan trik yang bisa kamu coba lakukan untuk menulis di media massa baik koran, majalah, ataupun tabloid. Dengan kegigihan dan usaha yang kamu miliki buka tidak mungkin jika suatu hari tulisan kamu bisa lolos redaksi dan dimuat di media massa. 

Editor: Wahyu Eko S