Helvy Tiana Rosa - Menjadi Manusia yang Abadi Melalui Tulisan

Helvy Tiana Rosa menulis banyak genre, seperti novel, puisi, cerita pendek, naskah drama, esai. Pada tahun 2015, ia membuat sebuah film berjudul “Ketika Mas Gagah Pergi”.

Helvy Tiana Rosa - Menjadi Manusia yang Abadi Melalui Tulisan
sumber: YouTube Helvy Tiana Rosa

“Saya menulis untuk membuat diri saya abadi.”

- Helvy Tiana Rosa

Seperti yang dikatakan Helvy, menulis sudah menjadi sebagian dari hidupnya. Bagaimana tidak, di usia yang ke-51 tahun ini, ia sudah menerbitkan lebih dari 60 judul buku. Perempuan yang lahir di kota Medan, 2 april 1970 ini sangat menyukai dunia menulis. Baginya, sebuah tulisan bisa dibaca kapan saja, oleh  siapa saja, dengan masa yang berbeda. Bahkan tulisan akan hidup lebih lama dari penulisnya.  Apa pun profesinya, tulisanakan menjadi jalan yang membuat penulisnya abadi. Oleh karena itu, ia menulis banyak judul buku.

Helvy merupakan anak dari pasangan Amin Usman san Maria Arifin Amin. Selain itu, ia juga mempunyai seorang adik yang bernama Asma Nadia. Sama sepertinya, adiknya pun banyak menulis buku, terutama novel. Sejak kecil, Helvy sudah akrab dengan dunia seni, terutama puisi dan prosa. Ciri khas  tulisan Helvy adalah bernuansakan islami.

Helvy Tiana Rosa menulis banyak genre, seperti novel, puisi, cerita pendek, naskah drama, esai. Pada tahun 2015 ia  juga membuat sebuah film berjudul “Ketika Mas Gagah Pergi” yang diangkat dari buku pertamanya berjudul sama. Selain itu, ia merupaklan dosen di Fakultas Bahasa dan Seni di Univeritas Negeri Jakarta. Ia sudah menjadi seorang penulis ternama dengan karya-karya yang telah ditulisnya tersebut.

Banyak penghargaan yang sudah ia terima, seperti Tokoh Sastra Islam Inspiratif  Festival Sastra Islam Nasional (FSIN) Award 2015, Athirah Award sebagai tokoh penggerak sastra Indonesia (2015), penulis dan buku puisi terfavorit (Anugerah Pembaca Indonesia, dari Goodreads Indonesia 2012), the world’s most 500 influential muslims, Royal Islamic Strategic Studies Center, Jordan (2014-2020), serta banyak penghargaan lainnya. Selain itu, Helvy juga memenangkan berbagai perlombaan menulis.

Beberapa judul buku yang sudah ditulis oleh Helvy Tiana Rosa diantaranya yaitu, “Puisi-Puisi Melepuh di Mataku” (Bitread), “Perempuan yang Berdansa dengan Puisi/ A Lady Dances with Poetry” (Bitread 2017), Naskah drama Tanah Perempuan/ Land of Women (Bitread), Duka Sedalam Cinta (kumpulan puisi), Jejak-Jejak Mas Gagah, Sajadah Kata (antologi puisi), dan Ketika Mas Gagah Pergi.

Saat ini Helvy Tiana Rosa masih aktif untuk menulis buku, bahkan beberapa judul lainnya akan segera diterbitkan.