Meningkatkan Kecerdasan Emosional

Tips melatih kecerdasan emosional (EQ).

Meningkatkan Kecerdasan Emosional

Kecerdasan emosional merupakan suatu kemampuan untuk me­nerima, memahami, dan mengungkapkan perasaan kita dalam mengendalikan emosi. Kemampuan tersebut akan menuntun kita agar dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat

Sebagai makhluk individu dan sosial, kita harus bisa mengetahui apa yang kita rasakan dan orang lain rasakan juga serta bagaimana untuk menghadapinya. Kita juga perlu mengetahui apa yang dirasa baik dan buruk serta bagaimana cara beralih dari buruk ke baik. Memiliki ke­sadaran emosional dan sensivitas akan dapat membantu kita untuk mencapai kebahagiaan yang kita inginkan.

Seiring dengan perjalanan waktu dan kompleksitas yang mening­kat karena pengaruh teknologi dan berubahnya struktur kehidupan di masyarakat, kecerdasan emosional semakin diperlukan dan dira­sakan manfaatnya. Tetapi, tidak semua manusia bisa meningkatkan kecerdasan emosional yang dimiliki. Berikut ini tips untuk meningkatkan kecerdasan emosional:
 
Kesadaran Diri Sendiri
Kesadaran diri sendiri merupakan kemampuan untuk bisa me­lihat diri sendiri dan sadar akan tujuan yang akan diraih serta faktor-faktor pendorong yang ada. Kecerdasan emosional akan timbul tatkala kita mampu menyetarakan kesadaran diri sendiri terhadap nilai-nilai dan lingkungan sekitar.
 
Mengelola Emosi
Mengelola emosi mencakup pengendalian perilaku yang tidak produktif dan mengganggu pada diri kita, di mana pun kita bera­da. Kita harus ingat bahwa keyakinan, nilai, dorongan maupun aturan dapat menciptakan suatu emosi. Pengelolaan emosi yang baik akan dapat meningkatkan kecerdasan emosional karena dapat mengubah interpretasi tentang apa yang telah di­lihat dan mengubah tanggapan yang ada pada diri kita.
 
Memotivasi Diri Sendiri
Sebagai manusia, kita pasti mempunyai tujuan. Tujuanlah yang akan memotivasi pada diri kita untuk mengejarnya dengan penuh semangat, energi, komitmen, dan ketekunan. Motivasi yang tinggi akan mematahkan kemunduran dan selalu ingin melakukan yang terbaik dengan kecerdasan emosional yang dimiliki.
 
Membina Hubungan
Membina hubungan sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan kecerdasan emosional pada diri kita. Karena jika kita tetap melakukan apa yang selalu kita lakukan, maka kita akan tetap mendapatkan apa yang selalu kita dapatkan. Berusahalah untuk menjalin dan membina hubungan dengan siapa pun, khususnya yang memberikan energi positif pada diri kita.

Nah, demikian tips meningkatkan kecerdasan emosional. Jan­gan pernah takut untuk berusaha dan berubah. Jadikan diri kita se­bagai pemicu semangat dalam melakukan sesuatu. Ingat, semua akan indah pada waktunya.

Sumber: Terampil Menulis ala Wonder Moms, karya Estri Look Community diterbitkan Bitread, 2019