Orang Introvert, Mungkinkah Merasakan Kesepian?

Umumnya setiap manusia pasti merasakan kesepian. Terlebih bagi orang introvert, gejala yang selalu ingin sendiri dan sulit mengutarakan perasaan dan keinginan merupakan masalah pelik yang selalu membuat rasa kecewa.

Orang Introvert, Mungkinkah Merasakan Kesepian?
Ilustrasi orang dengan kepribadian introvert. Foto: dok. Pexels

Bitjournal.id—Kesepian ialah bukan berarti hidup seorang diri. Lebih dari itu, kesepian merupakan ketidaktercapaian harapan untuk berinteraksi atau hilangnya koneksi emosional dengan orang lain.

Menurut Psikolog Stephani Reihana dilansir dari laman CNN, konsep utama dari kesepian adalah saat harapan akan interaksi tidak terpenuhi. Hal itulah yang menyebabkan seseorang merasakan kesepian. Untuk itu Bitjournal akan merangkum beberapa jenis kesepian yang sering dialami:

Baca juga: Cara Melatih Kejujuran Sejak Usia Dini

Kesepian Emosional

Kesepian ini dapat dirasakan saat seseorang tidak memiliki hubungan emosional dengan orang lain.

Kesepian Eksistensial

Kesepian ini muncul ketikan seseorang menyadari, bahwa dirinya adalah sosok yang individualis dan terpisah dari yang lain.

Kesepian Sosial

Kesepian sosial memiliki keterkaitan dengan kesepian emosional. Kesepian emosional tidak akan muncul jika tak merasa sepi secara sosial.

Lalu, bagaimana cara mengatasi kesepian? Berikut cara mengatasi kesepian menurut psikolog klinis Rena Masri.

Ilustrasi depresi. Foto: dok.pexels

Ilustrasi depresi. Foto: dok. Pexels

Berikan waktu yang berkualitas bersama diri sendiri

Sebagai seorang individu, haruslah kita mengenal apa yang dapat membuat diri merasa tenang dan nyaman. Contohnya kita dapat melakukan aktivitas baru yang positif. Usahakan hal tersebut adalah sesuatu yang menumbuhkan semangat sehingga dapat memotivasi diri agar tidak bosan.

Menemukan kebahagiaan

Agar dapat mengusir kebosanan, sesekali lupakan produktivitas. Kemudian lakukan hal yang membuat bahagia seperti membuat kue atau pergi solo travelling dan mulai memotret.

Menghubungi teman

Cobalah untuk melihat daftar kontak Anda. Kemudian mulailah dengan membuat obrolan sederhana dengan teman. Sesekali melakukan basa basi ringan dapat mengusir rasa kesepian.

Jauhi media sosial

Media sosial bisa jadi adalah sarana interaksi. Namun bagi sebagian orang, media sosial dapat membuat kondisi diri semakin terpuruk. Saat kesepian memenuhi pikiran, melihat media sosial hanya akan membuat Anda membanding-bandingkan dengan kondisi unggahan pada media sosial.

Lantas, bagaimana dengan orang introvert. Dapatkah mereka merasa kesepian?

Kepribadian introvert sering disandingkan dengan sifat pendiam dan sulit ditebak. Dalam hal ini laporan Personalitybuzz menjelaskan bahwa orang introvert juga mengalami permasalahan, salah satunya adalah masalah kesepian.

Meskipun mereka berkepribadian introvert, dan lebih menyukai kesendirian nan suasana sepi. Berada dalam kondisi tersebut ternyata dapat membuat mereka merasakan tersiksa. Sebenarnya, penderita introvert pun tak menampik keinginan bahwa sebenarnya mereka juga membutuhkan teman untuk mencurahkan isi kecamuk dalam dirinya. Namun, hanya saja mereka akan benar-benar selektif untuk memilih yang membuatnya merasa nyaman. Sehingga hal tersebut sulit untuk ditemukan.

Kemudian karena kurangnya bersosialisasi dan cenderung menutup diri. Hal tersebut membuat mereka sulit mendapat perhatian dari orang-orang sekitar. Hal itulah yang membuat orang introvert merasa bahwa mereka sering dianggap tidak ada.

Terlebih mereka cenderung memiliki suasana hati yang tidak stabil. Orang dengan kepribadian introvert akan merasakan kebahagiaan dengan dirinya sendiri. Namun, suatu waktu ia juga akan merasa sangat kesepian, marah, dan membenci diri sendiri.

Tak hanya itu , mereka juga rentan terkena depresi. Karena terbiasa menyimpan sesuatu termasuk saat memiliki masalah. Inilah yang membuat mereka stres dan depresi karena selalu memendam masalahnya seorang diri.

Penderita introvert pun terkadang sulit mengutarakan perasaan. Akibatnya mereka kerap menyesal lantaran selalu menunggu di waktu yang tepat. Bahkan ketika ada satu kesempatan, seringkali momen itu hilang.

Kesimpulannya adalah sebenarnya orang introvert pun dapat merasakan kesepian. Namun, hanya kadar kesepiannya saja yang berbeda dari karakter lain.

Editor: Wahyu Ekos S.