Pengenalan Literasi Numerasi untuk Besarkan Anak yang Sukses

Kegiatan literasi semakin berkembang, tidak hanya berkaitan dengan literasi naratif saja. Melainkan literasi numerasi juga perlu diajarkan sejak dini. Hal ini dilakukan agar anak dapat tumbuh menjadi pribadi yang sukses.

Pengenalan Literasi Numerasi untuk Besarkan Anak yang Sukses
Pengenalan literasi numerasi sejak dini. Foto: dok. Pexels

Bitjournal.id—Bicara soal keterampilan numerasi, perlu diketahui bahwa kecakapan tersebut merupakan seperangkat skill terkait berhitung dan matematika dasar. Karena jika seseorang mahir dengan literasi numerasi ini, bisa dipastikan dapat mampu mengatasi permasalahan hitungan praktis.

Lingkup literasi numerasi pun tak hanya soal berhitung. Melainkan juga mengasah skill analisis informasi, entah itu berbentuk grafik, tabel, bagan, dll. Jika menilik Unicef, ternyata literasi numerasi anak Indonesia tercatat rendah.

Education Specialists Unicef Indonesia, Nugroho menjelaskan kebanyakan kemampuan anak Indonesia ialah dari segi fisik. Hasilnya, skill numerasi anak Indonesia sebesar 64,60%. Sementara untuk skill dalam hal fisik, anak Indonesia sebesar 97,80%.

Baca juga: Begini Bentuk Kekerasan Psikis Terhadap Perempuan

Untuk lebih detilnya berikut adalah kemampuan numerasi anak Indonesia dipegang oleh wilayah Kalimantan Selatan sebesar 75,60%. Lalu, kemampuan fisik tertinggi ada di Bali sebesar 99,70%. Data kesenjangan kemampuan numerasi pun mulai nampak.

Jika didasarkan wilayah pedesaan dan perkotaan. Ternyata literasi numerasi anak Indonesia lebih besar di perkotaan, yakni sebesar 68,10%. Selisih kurang lebih 8% dari pedesaan yang hanya mencapai 60,10%.

Kurangnya literasi numerasi pada anak di Indonesia membuat semua pihak harus terlibat untuk mendorong pertumbuhannya. Namun bukan berarti harus memaksakan dengan berbagai cara. Untuk anak-anak berusia 24-39 bulan dapat mulai belajar literasi numerasi sederhana. Pengenalan numerasi sejak dini dapat dimulai dengan belajar sembari bermain agar anak tidak mudah jenuh.

Mengenal literasi numerasi sejak usia dini. Foto: dok. Ibudanbalita

Mengenal literasi numerasi sejak usia dini. Foto: dok. Ibudanbalita

Pentingnya mengenal literasi numerasi sejak usia dini

Pertama, dilansir dari kompas mengajarkan anak matematika pada usia dini dapat menjadikan anak pintar, baik dalam matematika maupun membaca. Memberi anak untuk meningkatkan keterampilan matematika dapat membantunya sukses di kemudian hari.

Kedua, matematika merupakan dasar dari segala pelajaran numerasi lain. Jika seorang anak sudah diajarkan pengetahuan literasi numerasi sejak dini. Maka ia akan terbiasa dan setidaknya akan menyukainya kelak.

Ketiga, pada kehidupan sehari-hari literasi sangat diperlukan. Dengan pengenalan sejak dini, anak-anak akan terbiasa berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang menggunakan ilmu numerasi. Contoh sederhana, saat melakukan transaksi jual-beli. Dalam transaksi jual-beli, kepintaran ilmu numerasi sangat dibutuhkan sekali.

Keempat, menjadikan anak belajar mandiri. Dengan mengenalkan literasi numerasi sejak dini, akan mengajarkan anak untuk belajar mandiri. Kegiatan mandiri anak yang dapat dilakukan seperti mengatur waktu untuk kegiatan yang bermanfaat, memilah kapan mereka harus menonton tv, pukul berapa harus les, serta bangun tidur tepat waktu. Selain itu, anak juga dapat memanajemen uang jajan mereka dengan baik.

Kelima, mengajarkan untuk berpikir tepat dan pasti. Karakter anak usia dini adalah sering berkhayal dengan menirukan action figur kesayangannya. Namun dengan mengajarkan literasi numerasi sejak awal dapat menjadikan mereka untuk berpikir lebih logis. Seperti memberitahukan biaya jajan sehari-hari, uang makan. Dengan begitu anak akan berpikir ulang jika harus membuang-buang makanannya.

Editor: Wahyu Eko S.