Peringati Hari Pahlawan di Tengah Pandemi Covid-19

Peringati Hari Pahlawan di Tengah Pandemi Covid-19
Sumber: https://www.freepik.com/

Sobat, tanggal 10 November itu hari apa?! Hah, hari Rabu. Aduh betul sih tapi tanggal 10 November itu hari bersejarah bagi bangsa ini. Sepuluh November diperingati sebagai hari Pahlawan. Hari pahlawan merupakan salah satu bagian dari pergerakan kemerdekaan Indonesia. Terkenang dalam benak kita, bagaimana semangat perjuangan dan patriotisme para pahlawan yang telah berjasa memerdekakan tanah air kita tercinta. 


Pada tanggal 10 November 1945 terjadi pertempuran di Surabaya yang melibatkan tentara Indonesia dengan para penjajah Inggris. Pertempuran ini, menjadi pertempuran pertama setelah proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia. 


Berawal dari bentrokan bersenjata antara rakyat dengan tentara Inggris di Surabaya, hingga menewaskan Brigadir Jenderal Mallaby. Tewasnya pimpinan tentara Inggris itu membuat pihak Inggris semakin marah terhadap bangsa Indonesia. 


Kemudian, pihak Inggris mengeluarkan ultimatum di bawah pimpinan Mayor Jenderal Eric Carden Robeth Mansergh untuk meminta pihak Indonesia menghentikan perlawanan pada tentara AFNEI dan NICA, juga meminta kepada pihak Indonesia untuk menyerahkan senjata-senjatanya. Jika perintah tersebut tidak dituruti, maka pihak Inggris akan menggempur kota Surabaya baik di darat, laut, dan udara.


Tentunya, pihak Indonesia kala itu tidak mau menuruti permintaan Inggris. Sebab, kita sudah terlalu fasih watak licik para penjajah itu. Sehingga pertempuran di Surabaya pada tanggal 10 November 1945 pun terjadi.
Pertempuran antara kedua kubu ini berlangsung sekitar tiga minggu. Dengan, beberapa tokoh pergerak perjuangan pada pertempuran ini antara lain Sutomo, K.H. Hasyim Asyari, dan Wahab Hasbullah.

Oleh karena itu, untuk mengenang dan menghormati jasa para pahlawan beserta rakyat yang berguguran, kita sebagai generasi penerus bangsa harus terus mengobarkan sikap nasionalisme dengan menjunjung tinggi dasar negara "Pancasila".  Meskipun di tengah situasi pandemi Covid-19 kita masih bisa memperingati Hari Pahlawan yang akan jatuh pada tanggal 10 November 2021. Hal-hal yang dapat kita lakukan, antara lain sebagai berikut.

1. Menggelar doa bersama untuk jasa para pahlawan yang dapat dilakukan di setiap tempat ibadah (masjid, gereja, klenteng, wihara, pura, dan sebagainya) dengan jumlah pengunjung terbatas dan tetap patuh pada prokes.
2. Mengibarkan bendera merah putih setengah tiang di setiap rumah dan lingkungan pemukiman untuk menghormati jasa para pahlawan dan rakyat yang berguguran.
3. Membuat Twibbon dan membuat postingan yang diunggah ke dalam media sosial masing-masing dengan bertemakan hari Pahlawan.
4. Mengadakan lomba-lomba seperti menulis cerpen, menulis puisi, dan membuat konten-konten menarik bertemakan hari Pahlawan yang dapat dilakukan secara daring.
5. Membaca kembali buku-buku sejarah untuk mengenang jasa para pahlawan supaya membangun terus rasa cinta tanah air.
6. Bergerak melakukan kebaikan seperti melakukan kegiatan bersih-bersih di sekitar lingkungan rumah.
7. Mendengarkan lagu-lagu kebangsaan Republik Indonesia.
8. Dan yang terpenting, selalu menaati aturan yang sudah ditentukan dan tidak melanggar norma-norma yang berlaku.

Kira-kira kalian mau ngapain nih untuk memperingati dan memeriahkan Hari Pahlawan nanti? Jangan lupa share cerita kalian yaaa.