Persiapan Bulan Ramadhan, Simak 4 Olahraga yang Cocok Saat Berpuasa

Bulan ramadhan adalah bulan yang penuh berkah, di mana setiap orang melaksanakan ibadah puasa dan amalan-amalan lainnya

Persiapan Bulan Ramadhan, Simak 4 Olahraga yang Cocok Saat Berpuasa
Ilustrasi kegiatan olah raga saat berpuasa, foto: dok. Freepik

Bitjournal.id--Bulan ramadhan adalah bulan yang penuh berkah, di mana setiap orang melaksanakan ibadah puasa dan amalan-amalan lainnya. Tentu, ketika berpuasa dari terbit fajar hingga terbenam matahari awalnya akan terasa berbeda. Namun setelah tubuh kita terbiasa, secara otomatis tubuh akan membentuk mekanisme pola hidup baru.

Dalam pelaksanaannya, bulan Ramadhan terkadang menjadi bulan untuk berleha-leha dan bersantai atau bahkan tidur setelah makan sahur. Memang itu adalah hal yang menyenangkan dan memanjakan diri kita, tetapi hal tersebut merupakan kebiasaan yang tidak baik jika dilakukan selama sebulan penuh secara terus menerus.

Selain dengan melaksanakan amalan lainnya selain berpuasa, di bulan Ramadhan pun kita harus tetap menjaga kebugaran tubuh kita dengan olahraga. Bagi sebagian orang mungkin terasa tidak mungkin untuk melakukan olah raga atau aktivitas fisik dikala siang hari sedang berpuasa. Namun, faktanya ada banyak olah raga dan aktivitas fisik yang bisa dilakukan selama sedang berpuasa di bulan ramadhan, diantaranya :

  1. Jalan santai

Berjalan memang terkesan hal yang sangat sederhana untuk disebut sebagai sebuah olahraga, namun efektivitas dari aktivitas fisik yang dipengaruhi oleh kegiatan berjalan membuat badan kita selalu bugar dan terhindar dari nyeri-nyeri sendi serta otot yang sering kali terjadi ketika kita sedang tidak beraktivitas fisik. Olahraga ini bisa dilakukan dan disarankan dilakukan ketika pagi-pagi ketika matahari sedang terbit untuk menghindari kita dari tidur setelah sholat subuh, atau bisa juga dilakukan di sore hari 1-2 jam sebelum waktu berbuka puasa.

  1. Bersepeda

Bersepeda merupakan tren di masa-masa pandemi sekarang ini, namun jauh sebelum pandemi ada kegiatan bersepeda biasa dilakukan saat pagi-pagi ketika bulan ramadhan, anak-anak biasanya setelah kuliah subuh berjalan jalan pagi menggunakan sepeda nya. Hal itu bisa diterapkan di masa-masa bulan ramadhan nanti, karena selain menggerakan tubuh agar terhindar dari tidur setelah subuh bersepeda juga bisa mengatasi stress dengan melihat sekeliling yang kita lewati. Olahraga ini bisa dilakukan dan disarankan dilakukan di pagi hari atau menjelang berbuka puasa.

  1. Catur

Catur merupakan sebuah olahraga yang bukan merupakan asah fisik melainkan asah pikir, hal tersebut cocok sekali untuk dilakukan selama bulan ramadhan ini karena tidak terlalu menguras fisik dan cenderung mengasah pikiran, olahraga ini cocok dimainkan kapanpun di saat sedang berpuasa.

  1. Latihan kardio

Berolahraga dengan metode latihan kardio sangatlah menguras banyak kalori. Namun, itu tidak menghalangi untuk melakukannya di bulan ramadhan nanti, karena disarankan untuk melakukannya 1 jam sebelum berbuka puasa agar dapat hasil yang maksimal dan terhindar dari dehidrasi berat. Untuk teman-teman yang sedang mencoba diet di bulan ramadhan nanti, cobalah ditambah dengan kegiatan latihan kardio sebelum berbuka untuk hasil yang lebih maksimal.

Berolahraga merupakan hal yang penting yang kadang kita lupakan di bulan ramadhan, tentunya kegiatan olahraga dilakukan tanpa mengganggu khidmatnya bulan ramadhan, seimbangi ibadah bulan ramadhan dengan melakukan pola makan sehat dan pola berolahraga yang sehat pula.

Editor: Wahyu Eko S.