Public Speaking: Soft Skill yang Harus Kamu Kuasai Saat Memasuki Dunia Kerja

Tips menjadi public speaker yang baik.

Public Speaking: Soft Skill yang Harus Kamu Kuasai Saat Memasuki Dunia Kerja

Dua ribu lima ratus tahun lalu, kemampuan berbicara di depan umum telah menjadi satu kemampuan wajib yang harus dimiliki setiap individu di Athena kuno. Waktu berlalu, sekarang mari kita lihat kondisi kehidupan kita saat ini. Kemampuan berbicara di depan umum menjadi modal utama kita dalam menjalani kehidupan.
 
Di tengah cepatnya arus informasi dan komunikasi, kemampuan public speaking menjadi hal yang diidamkan dan dipelajari banyak orang. Mereka yang memiliki kemampuan ini akan memiliki kesempatan besar untuk mengaktulisasikan segala potensi diri di hadapan siapa pun. Apa pun profesi dan cita-cita Anda saat ini, yakinlah bahwa kemampuan public speaking sangat diperlukan. Kemampuan ini tentunya bisa dipelajari dan dilatih.

Dalam buku Lesson from the Top karya Thomas J. Neff dan James M. Citrin (1999) yang dikutip dari buku Public Speaking Mastery karya Ongky Hojanto disebutkan bahwa public speaking merupakan salah satu skill yang menunjang kesuksesan dari 50 orang sukses berdasarkan pilihan 500 CEO dari berbagai perusahaan yang diwawancarainya.
 
Sebelum kamu mempraktikkan dan menguasai public speaking, yuk perhatikan hal-hal di bawah ini:
 
Ketahui audiensmu
Hal pertama kali harus diketahui oleh public speaker adalah mengetahui siapa yang menjadi audiensnya. Banyak komunikasi yang tidak mencapai tujuan dikarenakan pembicara atau pemberi pesan tidak mengetahui dengan baik secara detail latar belakang dari target audiensnya. Pada akhirnya ide-ide yang disampaikan tidak mencapai sasaran yang diinginkan.
 
Persiapkan diri secara matang
Banyak orang merasa takut untuk berbicara di depan umum dan memberikan presentasi. Mereka mengatakan untuk bisa tampil di depan umum diperlukan keberanian. Padahal pada faktanya bukan keberanian-lah yang menentukan sukses atau tidaknya sebuah penampilan oleh seorang pembicara. Semua itu ditentukan oleh satu hal, yaitu persiapan. Semakin matang persiapan yang Anda lakukan, semakin kuat pula keberanian Anda untuk menghadapi audiens.
 
Bangun kesan pertama yang ‘menggoda’
Salah satu langkah dari perjalanan suksesnya seorang public speaker adalah harus mampu memberikan kesan pertama yang kuat kepada audiens. Dalam satu proses komunikasi, kesan pertama atau first impression sangatlah berperan penting. Ada ungkapan yang mengatakan bahwa first impression determine your image–kesan pertama menentukan image Anda. Ini pun didukung dengan adanya penelitian yang mengatakan bahwa 90% persepsi orang lain terhadap Anda sebagai pembicara ditentukan dari empat menit interaksi pertama, apakah presentasi Anda menarik atau tidak.
 
Tetap perhatikan verbal, vokal, dan gestur
Ada tiga kemampuan akting utama yang harus dimiliki seorang public speaker dalam memainkan perannya sebagai aktor di atas panggung, yaitu kemampuan vokal, verbal, dan visual atau biasa disingkat dengan 3V. Tiga kemampuan ini merupakan satu elemen komunikasi yang bisa menyukseskan satu proses berbicara di depan audiens.
 
Sumber: Buku 7 Journeys of Successful Public Speaker, karya Diaz Bonny diterbitkan Bitread, 2019