Belajar Biologi Menyenangkan dengan Barkode DNA, Konsep Dasar, Aplikasi dan Analisis Data

Buku ini terdiri dari empat bab. Terdapat pendahuluan pada bab pertama kemudian dilanjut dengan pembahasan mengenai DNA dan RNA pada bab kedua.

Belajar Biologi Menyenangkan dengan Barkode DNA, Konsep Dasar, Aplikasi dan Analisis Data
Cover depan buku Barkode DNA, Konsep Dasar, Aplikasi dan Analisis Data, foto: dok. Bitread

Sekarang sudah terdapat lebih dari 1,2 juta spesimen dari sekitar 150.000 spesies. Ketersediaan perpustakaan barkode ini sangat erat hubungannya dalam meningkatkan pengetahuan ahli ekologi tentang terumbu karang, kualitas pengawasan untuk spesies invasif dan keakuratan dalam pelabelan produk makanan sehingga mencegah terjadi eksploitasi yang berlebihan terhadap sumber daya alam (Erickson, 2015).

Bitjournal.id--Begitulah sedikit kutipan yang terdapat dalam buku Barkode DNA, Konsep Dasar, Aplikasi dan Analisis Data. Sesuai dengan kutipan tersebut, buku ini akan membahas mengenai konsep dasar dan penggunaan Barkode DNA pada berbagai bidang penelitian, seperti pangan, kesehatan, dan keanekaragaman hayati.

Dikemas dengan bahasa yang mudah dimengerti bahkan bagi kaum awam, buku ini sangat direkomendasikan untuk para pembaca yang ingin mengetahui mengenai ilmu pengetahuan di bidang biologi molekuler, khususnya mengenai barkode DNA.

Buku ini terdiri dari empat bab. Terdapat pendahuluan pada bab pertama kemudian dilanjut dengan pembahasan mengenai DNA dan RNA pada bab kedua. Mulai dari definisi, struktur,  jenis-jenis, model reduplikasi, dll. Selanjutnya, pada bab tiga dibahas mengenai pengertian barkode DNA, penggunaannya, serra kandidat gen.

Baca juga: Diary of a (Not so) Girly School Girl 

Bab terakhir dengan judul Analisis Data Barkode DNA dan Filogenetik ini berisi mengenai desain primer barkode DNA, PCR, sekuensing, serta pohon filogenetik. Selain itu, buku ini juga lengkapi dengan tutorial yang dibutuhkan sebelum mengerjakan barkode DNA.

Dalam buku ini, pembaca akan mudah memahami mengenai konsep dasar teori untuk pembuatan dan pengembangan barkode DNA yang dapat digunakan terutama dalam identifikasi spesies dan aspek kehidupan lainnya.

Sekali lagi, buku berjudul Barkode DNA, Konsep Dasar, Aplikasi dan Analisis Data yang ditulis oleh Annisa dan Rini Hafzari ini sangat direkomendasikan mengingat bahasa yang digunakan mudah dipahami dan straight to the point.

Editor: Wahyu Eko S.

 

Judul Buku: Barkode DNA, Konsep Dasar, Aplikasi dan Analisis Data

Pengarang: Annisa & Rini Hafzari

Penerbit: Bitread Publishing

Tahun Terbit: 2020