Resensi: Jelajah Indonesia, Incredible Journeys

Sebuah buku cerita traveller karya Komunitas Berbagi Kata yang didirikan oleh Riris Nurbintari, Dinayati Rodliyah, dan Asih Prihatini tahun 2019.

Resensi: Jelajah Indonesia, Incredible Journeys
Cover depan Jelajah Indonesia, Incredible Journeys, foto: dok. Bitread

Bitjournal.id--Sebuah buku cerita traveller karya Komunitas Berbagi Kata yang didirikan oleh Riris Nurbintari, Dinayati Rodliyah, dan Asih Prihatini tahun 2019. Sebuah kelompok yang memiliki visi untuk memperluas gerakan literasi di Indonesia dan berusaha menjaring para calon penulis untuk menyebarkan kegemaran membaca dan menulis buku.

Buku Jelajah Indonesia, Incredible Journeys menyuguhkan 25 cerita yang akan mengajak kita berpetualang, merasakan perjalanan secara tak langsung melalui kata dan tuturan kalimat para penulis. Dari ujung sabang sampai merauke dapat kita ketahui destinasi wisata dan keragaman, serta keindahan alamnya. Cerita ini ditulis oleh 25 penulis diantaranya, Bramantio R., Retno Sayekti, Dhelina Rihara Sari, Siti Zulaikah, Thifa, dan lain-lain.

Selain menceritakan pengalaman menikmati alam dan meniti makna dari langkah-langkah yang tercipta. Rumah-alam-rumah, alur tersebut disertai kenangan-kenangan dan penyembuhan jiwa yang disuguhkan oleh alam. Jangan khawatir, bagi para traveller buku ini pun memaparkan seluruh informasi bagi siapa pun yang membacanya, dimulai jarak, akomodasi perjalanan, tempat penginapan, estimasi waktu, dan segala hal yang dibutuhkan saat melakukan perjalanan.

Baca juga: Menghidupkan Produk dengan Buku Rayuan Maut Retorika Visual

Tiap cerita pun memberikan ketenangan hati dan pikiran yang lebih terbuka, selalu ada pelajaran yang dapat diambil di mana pun dan kapan pun, terutama tempat wisata yang memiliki peluang penelitian dan peninggalan sejarah.

Warna-warni bumi Indonesia mendorong hati kita untuk bersyukur dengan kekayaan alami di Indonesia. Para pembaca mungkin akan mengalami persepsi yang berbeda ketika membacanya. Tak luput, para penulis pun menggugah gambar-gambar eksotik nan indah. Pemandangan kawah, penyu yang bertelur, jalur-jalur pendakian, danau, monumen-monumen bersejarah pun turut menghiasi setiap halaman yang diselipkan untuk memudahkan imajinasi pembaca cerita.

Bahasa yang mengalir pun digunakan layaknya sedang menceritakan pengalaman para penulis, seperti laporan perjalanan atau catatan sehari-hari ini membawa pembaca untuk santai dan menikmati setiap cerita sebagai healing serta memberikan ilmu lebih mengenai keindahan tanah air Indonesia.

Mari kita lestarikan keindahan alam di sekitar kita, dan menatap jauh untuk merenungkan tiap-tiap kebermanfaatannyaa agar kita selalu bersyukur. Meskipun di sana masih ada berlian yang indah, jangan biarkan lingkungan kita terabaikan. Seperti tempat-tempat istimewa yang ada dalam buku ini, tempat kita berdiri pun sama berharganya.

Editor: Wahyu Eko S.

Judul Buku: Jelajah Indonesia, Incredible Journeys

Pengarang: Komunitas Berbagi Kata

Penerbit: Bitread Publishing

Tahun Terbit: 2021