Simak! Begini Cara Membuat Buku Cerita untuk Anak

Memasuki era pandemi covid-19 yang tak kunjung usai masyarakat dihadapkan pada berbagai kesulitan. Salah satunya adalah mengenai sektor pendidikan, di mana sekolah dan lembaga pendidikan harus diliburkan atau ditiadakan.

Simak! Begini Cara Membuat Buku Cerita untuk Anak
Ilustrasi cara membuat buku cerita, foto: dok. Pixabayk.

Bitjournal.id—Memasuki era pandemi covid-19 yang tak kunjung usai masyarakat dihadapkan pada berbagai kesulitan. Salah satunya adalah mengenai sektor pendidikan, di mana sekolah dan lembaga pendidikan harus diliburkan atau ditiadakan. Karena pandemi yang semakin hari semakin bertambah jumlah korbannya. Situasi ini juga memaksa para wali murid untuk bisa menjadi guru dadakan dan membuat para orang tua harus lebih intens dalam mengawasi belajar anak-anak di rumah.

Sebut saja pada persiapan anak-anak yang akan memasuki tahap sekolah dasar, biasanya mereka sudah diajarkan Calistung (baca, tulis, dan hitung) oleh guru mereka di TK dan siap memasuki tahap sekolah dasar. Namun karena sekolah ditiadakan maka orang tua harus mulai mengajari anak-anak mereka dari awal dan mengajarkan anak-anak tentang baca dan tulis.

Tak sedikit orang tua yang tidak mengerti bagaimana cara mengajarkan anak-anak mereka agar mudah memahami dan bagaimana cara menciptakan suasana belajar yang menyenangkan seperti di TK pada umumnya.

Baca juga: Yuk Simak, 5 Fakta Menarik Tentang Tsana Rintik Sedu

Nah untuk itu, perlu adanya inovasi orang tua bisa memulai dengan mengenalkan buku-buku cerita pada anak, mengapa buku cerita? Karena buku cerita memiliki daya tarik tersendiri secara visual. Buku cerita adalah buku yang menyuguhkan cerita dengan berbagai gambar, gambar adalah tiruan barang, binatang, tumbuhan dan lainnya yang diwujudkan secara visual dalam wujud 2 dimensi sebagai curahan perasaan atau pikiran seseorang. Kita bisa mendapatkan buku cerita di toko-toko buku atau memesan via online, atau bisa juga membuatnya sendiri di rumah dan mengajarkan anak-anak agar lebih kreatif.

Untuk membuat buku cerita, pertama yang kita harus ditentukan adalah ide dan tema dari buku cerita yang akan di buat. Yang kedua tentukan beberapa karakter yang akan kita ciptakan, setelah itu kita harus menentukan plot cerita yang bagus dan sekiranya disukai oleh anak-anak.

Setelah mendapatkan plot cerita yang menarik baru kita bisa membuat dialog antar karakter yang sudah dibuat sebelumnya. Kemudian selanjutnya bisa menambahkan setting atau tempat dari alur cerita tersebut, terakhir kita bisa mewarnai buku cerita yang sudah jadi bersama anak-anak.

Dengan melibatkan anak-anak dalam pembuatan buku cerita maka minat si anak untuk membaca akan semakin bertambah, karena mereka akan menghargai hasil karya mereka sendiri. Untuk membuatnya kita bisa menggunakan barang yang ada di rumah, dan bisa memulai dengan mengajak anak-anak untuk mengumpulkan barang-barang tersebut, dengan begitu kita bisa mengajarkan anak untuk lebih aktif dan kreatif.

Cara mengetahui apakah buku cerita ini bagus untuk anak-anak atau tidak? Yang pertama kita harus perhatikan kontennya. Kemudian perhatikan visualnya jangan sampai ada gambar yang mengandung unsur kekerasan atau konten dewasa. Terakhir ialah warna buku, seperti yang sudah di jelaskan buku cerita memiliki visual yang menarik dan salah satu faktor yang membuat menarik adalah perpaduan warna yang cantik.

Editor: Wahyu Eko S.