Simak Berikut Rincian, dan Alasan Mengapa PPKM Diperpanjang

Simak Berikut Rincian, dan Alasan Mengapa PPKM Diperpanjang
Ilustrasi kondisi kota saat PPKM Darurat diperpanjang, foto: dok. Detik

Bitjournal.id--Presiden Joko Widodo secara tegas menjelaskan bahwa PPKM Darurat kembali diperpanjang hingga 2 Agustus 2021. Hal ini didasari untuk memperkuat penurunan angka penurunan penularan Covid-19 di sejumlah daerah.

“Di beberapa provinsi kini mulai nampak ada penurunan. Di Pulau Jawa pun demikian, namun kita harus tetap berhati-hati dalam menyikapi tren perbaikan ini. Harus selalu waspada menghadapi varian virus yang sangat menular,” ujar Jokowi melalui siaran pers, Minggu (25/7/2021).

Menurutnya perpanjangan PPKM darurat ini sudah dihitung secara cermat berdasarkan aspek kesehatan. Lalu, pada saat yang sama keadaan sosial ekonomi masyarakat mengenai pemenuhan kebutuhan hidup pun sudah diperhitungkan.

“Saya memutuskan untuk melanjutkan penerapan PPKM level 4 dari tanggal 26 Juli sampai dengan 2 Agustus 2021. Namun kita akan melakukan beberapa penyesuaian terkait aktivitas dan mobilitas masyarakat yang dilakukan secara bertahap dengan pelaksanaan yang ekstra hati-hati,” 

Jokowi pun merinci bagaimana kondisi lapangan yang sesuai dengan PPKM level 4 tersebut. Misalnya, bagi masyarakat yang berprofesi sebagai penjual sembako diperbolehkan untuk membuka warungnya, namun dengan Prokes yang ketat.

Lalu penjual yang masuk dalam kategori pasar rakyat yang menjual selain kebutuhan pokok pun diperbolehkan, dengan catatan hanya memberikan kapasitas pengunjung maksimal 50%.  

Selebihnya pengaturan lebih lanjut juga akan dilakukan oleh Pemda. Sebagai contoh, pedagang kaki lima, toko kelontong, agen atau outlet voucher, pangkas rambut, laundry, pedagang asongan, bengkel kecil, cucian kendaraan dan usaha-usaha kecil lain yang sejenis dengan protokol kegiatan yang ketat sampai dengan pukul 21.00 Wib.

Khusus untuk tempat warung makan, Presiden mengatakan bahwa jenis usaha kuliner sudah diijinkan untuk beroperasi kembali. Dengan syarat, mereka harus tutup pada pukul 20.00 dan maksimal pembeli makan di tempat paling lama 20 menit.

Baca juga: Kuatkan Literasi Prokes 3 M, demi Atasi Bencana Pandemi Covid-19

Jokowi mulai bagikan bantuan sosial

Demi memperkuat ketahanan ekonomi masyarakat, Presiden berupaya mengucurkan bantuan sosial untuk mereka yang tergolong dalam usaha mikro kecil. 

Berapa besar jumlah bantuan sosial yang dikucurkan? Sayang, Jokowi tak menyebutkan secara detil besaran bantuan sosial tersebut. Namun ia hanya meneruskan bahwa informasi lebih lanjut soal bantuan sosial masyarakat, akan dikabarkan resmi oleh menteri terkait.

“Bapak Ibu yang saya hormati, secara khusus saya minta kepada para menteri terkait juga segera melakukan langkah-langkah maksimal untuk vitamin suplemen bermasyarakat memberikan dukungan obat-obatan,” 

“Kita harus selalu waspada ada kemungkinan dunia akan menghadapi varian lain yang lebih menular. Oleh karena itu saya memerintahkan agar testing bisa ditingkatkan lebih tinggi dan respon treatment yang cepat untuk menekan laju penularan dan meningkatkan angka,” tutupnya.