Tak Perlu Bingung, Ini Cara Mudah Bagi Pemula Untuk Menulis Novel

Cara mudah bagi pemula untuk menulis novel itu sebenarnya mudah. Hanya butuh fokus dan memperhatikan beberapa hal penting dan mencotoh beberapa penulis terkenal.

Tak Perlu Bingung, Ini Cara Mudah Bagi Pemula Untuk Menulis Novel

Bitjournal.id--Kamu pasti sudah tahu ataupun sudah pernah membaca sebuah novel, bahkan ada yang mengoleksi novel dengan berbagai tema baik novel Indonesia atau luar negeri. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), novel adalah karangan prosa yang panjang dan mengandung rangkaian cerita kehidupan seseorang dengan orang di sekelilingnya dan menonjolkan watak-sifat pelaku. 

Dalam kerangka luasnya novel telah mencakup beragam jenis genre seperti, romance, action, maupun history. Untuk diketahui bahwa novel ini bersifat fiksi dan dapat didefinisikan sebagai seni untuk merancang melalui kata-kata tertulis. Istilah novel adalah pemotongan dari bahasa italia, yaitu novella yang merupakan bentuk jamak dari novellus, dan varian akhir dari novus yang berarti baru. 

Diantara judul-judul yang ada, terdapat beberapa judul novel Indonesia terbaik yang bisa kamu pilih untuk menemani mengisi waktu senggangmu. 

5 CM, karya Donny Dhirgantoro

Novel ini bercerita tentang perjalanan lima orang sahabat yang bernama Arial, Riani, Zafran, Ian dan Genta. Mereka harus menghadapi rintangan medan pegunungan yang terjal dan tidak mudah, ke-5 sahabat ini juga dihadapkan dengan permasalahan rumit tentang cinta, impian dan persahabatan.

Bumi Manusia, karya Pramoedya Ananta Toer

Pramoedya Ananta Toer merupakan seorang sastrawan yang sangat di kenal oleh masyarakat Indonesia melalui karya-karya apiknya. Jika kamu ingin membaca karya Pramoedya bacalah mahakarya Tetralogi Buru, yaitu merupakan empat novel serangkai yang berjudul Bumi Manusia, Anak Semua Bangsa, Jejak Langkah, dan Rumah Kaca.

Cantik Itu Luka, karya Eka Kurniawan

Novel ini mengangkat cerita tentang seorang perempuan yang berparas cantik dan manis, namun memiliki kehidupan yang tragis.

Laskar Pelangi, karya Andrea Hirata

Siapa yang tidak kenal dengan novel yang satu ini. Bercerita tentang anak-anak SD Muhammadiyah Belitung yang selalu ceria dan penuh tawa namun di sisi lain terdapat duka nan pahit yang mereka derita. Novel ini pernah hits pada masanya, bahkan versi layar lebarnya telah menjadi salah satu film tersukses sepanjang sejarah sinema.

Negeri 5 Menara, karya Ahmad Fuadi

Kehidupan enam santri dari enam daerah berbeda yang menuntut ilmu di satu Pondok Pesantren yang sama menjadi landasan cerita novel ini. Dengan segala lika-liku yang ada mereka berusaha mencari makna yang tersirat dibalik kehidupan ini. 

Contoh di atas merupakan judul dari beberapa novel yang sukses menarik pembaca. Bukan hanya dari segi judul tetapi secara plot cerita dan setting juga sangat menarik, untuk itu semua harus dikemas menjadi satu kesatuan yang apik agar menjadi novel yang baik. 

Berikut adalah hal yang harus diperhatikan jika kamu ingin mencoba tips mulai menulis novel. 

  • Rumuskan ide utama dari cerita

setelah kamu memilih genre cerita yang ingin kamu tulis maka selanjutnya adalah membuat alternatif ide yang ada di pikiranmu. Kemudian dari satu ide tersebut jabarkan dalam satu kalimat berstruktur lengkap

  • Tentukan tokoh utama

Pastikan kamu sudah menentukan siapa tokoh utama dan karakter tokoh yang akan ditonjolkan sebagai awal dari karakterisasi, hal ini bertujuan agar cerita tidak melebar kemana-mana. 

  • Buat plot besar

Singkatnya membuat kerangka plot itu adalah bagaimana kejadian utama di awal, tengah, dan akhir.

  • Mulai Menulis 

Kamu bisa mulai menulis dari mana saja tidak harus bab pertama, mulailah menulis dengan mengalir tanpa adanya kekangan namun tetap berlandaskan plot besar yang sudah dibuat. 

  • Setting Cerita

Tetapkan setting waktu dan tempat untuk cerita yang kamu buat. Gambarkan setting tersebut menarik untuk pembaca agar seolah pembaca mengalami apa yang terjadi pada tokoh dalam cerita. 

  • Buat Dialog

Buatlah dialog yang penting dan punya tujuan, langsung kepada permasalahan tidak bertele-tele dan tidak hambar.

  • Klimaks Cerita 

Mengarahkan cerita menuju sebuah klimaks juga merupakan hal yang penting, karena klimaks adalah titik balik dan merupakan hal yang paling dramatis dari sebuah cerita.

Secara garis besar novel adalah rangkaian cerita yang panjang dan ditulis semenarik mungkin dengan berbagai konflik yang ada antar tokoh sehingga memunculkan klimaks dalam sebuah cerita.

Editor: Wahyu Eko S.