Tips Menyajikan Menu Berbuka Puasa Saat Kantong Mulai Menipis

Memasuki di akhir bulan Ramadhan, biasanya masyarakat mulai sibuk mempersiapkan segala kebutuhan menjelang lebaran. Persiapan yang dilakukan cukup beragam, mulai dari membeli baju baru untuk anggota keluarga, membeli kue-kue khas lebaran untuk hantaran sanak saudara, bahkan ada pula yang sampai merenovasi rumah.

Tips Menyajikan Menu Berbuka Puasa Saat Kantong Mulai Menipis
Ilustrasi momen berbuka puasa saat kantong menipis, foto: dok. Kompas

Bitjournal.id--Memasuki di akhir bulan Ramadhan, biasanya masyarakat mulai sibuk mempersiapkan segala kebutuhan menjelang lebaran. Persiapan yang dilakukan cukup beragam, mulai dari membeli baju baru untuk anggota keluarga, membeli kue-kue khas lebaran untuk hantaran sanak saudara, bahkan ada pula yang sampai merenovasi rumah. Hal ini tentu saja berdampak pada pengeluaran sehari-hari selama Ramadhan.

Dan untuk mengatasinya tak jarang para ibu rumah tangga harus memangkas uang belanja untuk berbuka puasa sampai sisa ramadhan habis.

Jika hal tersebut terjadi pada anda, dan Anda mulai kebingungan memilih menu untuk berbuka puasa ketika keuangan mulai menipis, maka anda tidak perlu khawatir. Karena ada beberapa menu murah meriah yang bisa menjadi pilihan, mulai dari takjil hingga makanan berat.

Bahkan dari berbagai pilihan tersebut anda juga bisa memilih untuk membeli atau memasaknya sendiri di rumah. Tentu keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Beberapa orang mungkin ada yang tidak mau repot dan memilih untuk membeli makanan di luar untuk berbuka, namun ada juga orang yang memilih untuk memasak sendiri di rumah dengan alasan untuk menghemat pengeluaran.

Jika anda ingin menekan pengeluaran belanja seminimal mungkin, ada baiknya anda mulai memperbanyak referensi resep-resep masakan untuk di rumah selama ramadhan. Tapi apabila anda cukup repot dan lelah untuk memasak dan ingin membeli makanan di luar juga tidak masalah, yang perlu diingat adalah belilah secukupnya dan jangan membeli yang tidak perlu. Dan juga perlu diingat  jika setiap hari anda membeli makanan dan minuman di luar bukannya anda menekan biaya pengeluaran yang ada justru anda akan bangkrut.

Nah untuk menghindari hal yang tidak diinginkan tersebut, Anda harus bisa menahan nafsu dan jangan terlalu boros membeli makanan di luar untuk berbuka. Hal ini diperlukan karena selain untuk berhemat juga untuk mempertimbangkan bagaimana kebersihan makanan dan minuman yang anda beli tersebut. 

Baca juga: Berikut Menu Berbuka Puasa yang Praktis dan Murah Meriah

Untuk mengatasinya Anda bisa mencoba memasak makananmu sendiri di rumah untuk berbuka puasa. Setidaknya dengan memasak sendiri akan terjamin kebersihan dan kualitas makanan yang anda makan, serta dapat menghemat pengeluaran. Ada banyak varian menu yang ramah di kantong dan bisa anda masak sendiri di rumah loh.

Berikut beberapa menu masakan yang bisa Anda coba di rumah untuk berbuka puasa bersama keluarga.

Tumis Tauge Tahu

Tahu merupakan bahan pangan yang populer, karena selain disukai hampir oleh semua orang tahu juga memiliki kandungan gizi yang tidak main-main. Hal ini menjadikan tahu sebagai menu wajib yang harus ada pada setiap sajin. Jika tahu di padukan dengan tauge segar dan diolah bersama makan akan menghasilkan menu masakan yang lezat dan mengundang selera. 

Sayur Bening

Sayur bening merupakan salah satu menu yang cocok disajikan untuk berbuka puasa, karena sayur ini memiliki kuah yang melimpah dan rasa yang lebih ringan. Sayur bening sangat cocok disantap dengan nasi hangat dan sedikit sambal sebagai penambah cita rasa.

Tumis Kacang Panjang

Kacang panjang merupakan jenis sayuran yang memiliki banyak kandungan gizi, selain sebagai sumber protein kacang panjang juga mengandung vitamin A, zat besi, fosfor, kalium, dan masih banyak lagi. Anda dapat mengkreasikan kacang panjang dengan tempe ataupun dengan jenis sayur lainnya. Menu ini akan menjadi menu yang lezat serta kaya akan kandungan gizi.

Pepes Tahu Jamur

Pepes merupakan masakan yang menggunakan daun pisang sebagai pembungkusnya. Cara mengolah pepes pun bermacam-macam, ada yang di bakar atau di kukus tergantung selera. Anda bisa mencoba membuat pepes di rumah sebagai menu untuk berbuka puasa, karena selain rasanya enak cara membuatnya pun cukup mudah. 

Itulah beberapa contoh menu masakan yang bisa anda coba di rumah. Selain praktis dan murah meriah tentu saja juga sehat, karena bahan yang digunakan mengandung banyak nutrisi. 

Editor: Wahyu Eko S.