Wajib Tahu! Berikut Adalah Manfaat Buka Puasa Bersama Keluarga

Buka puasa bersama keluarga itu indah, terlebih di masa pandemi covid-19 keluargan merupakan "harta" penting untuk dijaga.

Wajib Tahu! Berikut Adalah Manfaat Buka Puasa Bersama Keluarga
Ilustrasi manfaat buka puasa bersama keluarga, foto: dok. Detik

Bitjournal.id--Bulan Ramadhan merupakan bulan yang istimewa bagi umat muslim di Indonesia bahkan di dunia, dan momen berbuka puasa bersama menjadi salah satu hal yang paling ditunggu-tunggu.

Bahkan tak sedikit orang yang mulai melakukan reservasi di tempat-tempat tertentu untuk acara buka puasa bersama atau bukber, mulai dari buka puasa bareng teman semasa sekolah, teman kantor, atau bahkan kenalan lama. Bisa berkumpul bersama teman untuk berbuka bersama di bulan puasa memang sangat menyenangkan. 

Tapi tahukah kamu jika ada yang lebih menyenangkan dari kegiatan bukber bersama teman? iya ada, yaitu buka puasa bersama keluarga tercinta.

Di awal puasa mungkin kamu berfikir jika puasa masih lama dan masih banyak waktu untuk berbuka puasa bersama keluarga. Akan tetapi seiring berjalannya waktu tanpa sadar masa puasa akan segera berakhir, padahal kamu belum sempat sekalipun meluangkan waktu untuk berbuka bersama keluarga, sangat di sayangkan bukan. 

Baca juga: Tak Perlu Bingung, Ini Cara Mudah Bagi Pemula Untuk Menulis Novel

Padahal banyak sekali manfaat yang bisa kamu rasakan ketika bisa berbuka puasa dan berkumpul bersama keluarga tercinta, misalnya: 

Menanamkan kebaikan

Jika kamu dan anggota keluarga kamu seperti ayah, ibu, dan saudara-saudara kamu adalah orang yang sibuk dan jarang mengobrol satu sama lain, maka gunakanlah kesempatan buka puasa bersama ini sebagai momen untuk lebih mengenal dan lebih dekat dengan satu sama lain. Gunakanlah waktu yang sangat berharga ini untuk melakukan ibadah bersama, berbagi cerita dan pengalaman sehari-hari. Dengan begitu puasa terasa menyenangkan karena support dari keluarga.

Mempererat kekeluargaan

Apalagi yang paling bisa membuat kamu nyaman jika bukan keluarga. Di bulan puasa kamu diingatkan untuk mengontrol emosi dan menahan nafsu, begitu pula yang terjadi jika kamu berkumpul bersama keluarga untuk berbuka puasa. Kamu dan keluarga saling belajar untuk menahan nafsu agar tidak berebut makanan justru saling berbagi makanan dengan yang lain. Jika hal ini terus dilakukan, tentu suasana kekeluargaan akan terasa lebih akrab dan erat.

Menciptakan kenangan

Jika kamu membiasakan diri untuk berbuka puasa bersama keluarga, tanpa di sadari momen tersebut akan terekam dengan sendirinya di ingatan kamu. Dan hal itu akan membuat kamu memiliki kenangan indah bersama keluarga yang akan kamu rindukan setiap tahunnya. 

Jika kamu berbuka puasa bersama keluarga hidangan apa pun akan terasa jauh lebih nikmat. Walaupun makan dan minum sederhana tetapi rasanya ada kebahagiaan yang luar biasa karena kebersamaan yang tercipta bersama keluarga. 

Editor: Wahyu Eko S.